Publikasi

iSIKHNAS merupakan Sistem Informasi Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diinisiasi melalui program kemitraan Australia dan Indonesia (Australia–Indonesia Partnership for Emerging Infectious Diseases/AIPEID) pada tahun 2012. Keberadaan iSIKHNAS saat ini telah mampu memenuhi kebutuhan data dan informasi di Sektor Peternakan dan Kesehatan Hewan di seluruh Indonesia. Data tersebut antara lain: penyakit hewan, pengobatan, konfirmasi laboratorium, produksi ternak, lalu lintas dan pemotongan ternak, serta data terkait peternakan dan kesehatan hewan. 

iSIKHNAS telah banyak menampung data, namun pemanfaatan dan sosialisasinya masih belum maksimal. Dengan hadirnya publikasi iSIKHNAS ini, diharapkan data yang telah terkumpul dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur keberhasilan suatu program pemerintah, khususnya di sektor peternakan dan kesehatan hewan, yang kemudian dijadikan dasar bagi pemerintah dalam membuat kebijakan dan peraturan. Pembangunan subsektor peternakan dan kesehatan hewan akan dapat terwujud dengan baik apabila didukung oleh basis data yang benar dan akurat. 

Publikasi iSIKHNAS ini terdiri dari buletin bulanan yang menggambarkan berita terkait kegiatan pengembangan iSIKHNAS, status dan situasi penyakit hewan bulanan, program SIWAB, pemotongan ternak, serta hasil analisis data dari iSIKHNAS.