Pelatihan Lanjutan Champion iSIKHNAS

Beranda > Berita

Dalam rangkaian pelatihan peningkatan kapasitas bagi para pengelola iSIKHNAS, pada 10-14 Juli 2017 AIPEID2 kembali mengadakan lokakarya bagi 17 champion dari semua direktorat di lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian, serta dari Balai Veteriner Medan, Bukittinggi, dan Lampung. Lokakarya ini merupakan lanjutan dari pelatihan champion iSIKHNAS pada Mei 2017 untuk memastikan para champion memiliki keahlian yang mumpuni dalam mengelola dan mengembangkan iSIKHNAS.

Lokakarya ini dirancang dalam bentuk ‘hackathon’, atau kolaborasi intensif untuk memecahkan berbagai masalah, yang dibagi dalam enam tema atau kelompok kerja: pengaturan dan strategi pelaksanaan;

perangkat keras dan fungsionalitas sistem; perangkat lunak; laporan dan analisis; rencana pengembangan iVLab; dan komunikasi dan pelatihan. Hal ini bertujuan untuk memastikan para champion di setiap kelompok kerja memiliki keahlian yang sesuai dengan unit kerja mereka dan memahami tugas serta tanggung jawab yang dibutuhkan dalam setiap unit kerja iSIKHNAS. Lokakarya dan kolaborasi difasilitasi oleh tim ahli dari AusVet.

Para peserta dalam setiap kelompok membahas berbagai masalah dan tantangan dalam unit kerja, serta merancang strategi untuk menjawab tantangan dan menjalankan tugas mereka. Pada pengujung hari, mereka juga mempresentasikan hasil kerja yang akan menjadi masukan untuk memperkuat dan terus mendukung iSIKHNAS. Dalam pidato penutupannya, dukungan ini ditegaskan kembali oleh Direktur Kesehatan Hewan, drh. Fadjar Sumping Tjatur Rasa, Ph.D. “Dukungan terhadap iSIKHNAS perlu ditingkatkan dalam hal infrastruktur, teknologi, dan SDM, dan kita akan terus berupaya menyediakan dukungan ini agar iSIKHNAS tetap optimal.”