Tentang iSIKHNAS

Beranda > Tentang iSIKHNAS

 

iSIKHNAS adalah sistem informasi peternakan dan kesehatan hewan Indonesia terpadu. Sistem ini menggunakan teknologi sehari-hari untuk mengumpulkan data dari lapangan yang dapat segera digunakan oleh para pemangku kepentingan di bidang peternakan dan kesehatan hewan.

Staf di lapangan memegang peran penting dalam iSIKHNAS, karena merekalah yang paling dekat dengan ternak, peternak, dan masyarakat serta sebagai penghubung dengan pengambil kebijakan. Mereka mencatat kasus-kasus kesehatan hewan yang mereka lihat, tindakan penanganan kasus tersebut, serta segera menyampaikannya ke iSIKHNAS. Selanjutnya, iSIKHNAS akan mengelola, melaporkan, dan menganalisis data-data tersebut. Peternak memperoleh manfaat dari sistem berupa pelayanan dari staf lapangan yang lebih cepat dan lebih baik. Petugas kesehatan hewan di lapangan pun memperoleh manfaat dari sistem ini karena mereka tak lagi harus membuat laporan tertulis, dapat berfokus memberikan pelayanan yang lebih baik dan tepat, serta mendapatkan informasi yang lebih baru dan cepat. iSIKHNAS juga mendukung paravet dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan peternak sehingga dokter hewan dapat menentukan prioritas dan penggunaan sumber daya secara lebih baik. Selain itu, para pengambil kebijakan dapat mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang akurat dan terbaru. 

Selain itu, iSIKHNAS memadukan beberapa sistem penanganan data dan informasi yang sudah ada sehingga lebih efisien dan tersedia bagi lebih banyak pengguna. Perpaduan beragam sistem ini menjadikan data lebih valid dan akurat serta mendukung para pengambil keputusan dalam penyusunan kebijakan dan pengambilan  keputusan di berbagai tingkatan sesuai dengan kewenangannya.

Sebelum iSIKHNAS dibentuk, Indonesia sudah memiliki beberapa sistem pengelolaan data dengan tujuan spesifik, seperti InfoLab untuk data laboratorium dan SIKHNAS versi awal untuk laporan penyakit hewan di lapangan. iSIKHNAS menyatukan sistem-sistem itu agar datanya dapat dikelola secara lebih efisien dan terintegrasi sehingga dapat digunakan oleh semua pemangku kepentingan. Data disediakan bagi pengguna sesuai dengan kewenangannya,  melalui beragam sarana seperti situs web iSIKHNAS atau melalui laporan, bagan, lembar kerja atau spreadsheet, dan peta yang dibuat oleh sistem dan dikirim melalui email atau SMS kepada petugas yang memerlukannya.

Melalui iSIKHNAS, kita dapat menautkan data yang dikirimkan ke laboratorium dengan laporan penyakit, menghubungkan peta dengan data lalu-lintas atau laporan wabah, dan membuat koneksi antara data pemotongan dengan data produksi dan populasi. Hal ini akan membantu para pengambil kebijakan di berbagai tingkatan dan bermanfaat bagi semua orang yang bekerja di sektor peternakan dan kesehatan hewan.

iSIKHNAS adalah sistem informasi peternakan dan kesehatan hewan Indonesia terpadu. Sistem ini menggunakan teknologi sehari-hari untuk mengumpulkan data dari lapangan agar data tersebut dapat segera diolah dan digunakan oleh para pemangku kepentingan di bidang peternakan dan kesehatan hewan.