Hanya dengan SMS Sudah Bisa Melapor ke iSIKHNAS

Beranda > Berita > Hanya dengan SMS Sudah Bisa Melapor ke iSIKHNAS

November 2014 tepatnya pada tanggal 10 s/d 11,telah dilaksanakan pelatihan untuk petugas dinas kesehatan hewan dan atau yang membidangi bidang kesehatan hewan. Pelatihan terdiri dari beberapa sesi, dimana pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, Bapak drh. H.A. Manaf Mustafa. Pada pembukaannya Kadis menyampaikan bahwa sistem yang dikembangkan dalam iSIKHNAS sangat baik dan efisien. Petugas dapat menyampaikan laporannya hanya dengan cara mengirimkan pesan singkat atau yang sering dikenal dengan istilah SMS menggunakan telepon selular/HP dan pada saat itu juga pusat akan menerima laporan yang dikirim. “Sangat cepat dan efisien”, jelasnya.

Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta yang terdiri dari pegawai Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kalbar, pegawai DPPK Kota Pontianak dan Perwakilan Kelompok Tani di Kota Pontianak. Pemateri pelatihan ini terdiri dari 3 orang yang berasal dari dinas Provinsi Kalbar, Kota Pontianak dan kab. Sambas yaitu, drh. Nuraini Suharsono, Endang Sayekti, S.Pt., MA,. MSE dan Purwadi, S.St. Dalam setiap sesinya dilakukan praktek langsung dengan mengirimkan sms terhadap kasus yang telah disiapkan oleh pemateri ke nomor pelatihan iSIKHNAS, namun setelah dilapangan langsung maka laporan yang akan disampaikan dikirim ke nomor live iSIKHNAS pusat.

Adapun tujuan dari pelatihan dengan sistem iSIKHNAS yaitu untuk membentuk pelapor-pelapor baik dari desa/kelurahan maupun dinas kesehatan hewan atau instansi yang membidangi kesehatan hewan di kabupaten/kota. Dalam pelatihan ini telah dibentuk pelapor desa (Pelsa) untuk Wilayah Kota Pontianak, selain itu petugas yang mengikuti adalah Dokter hewan dari Dinas dan para-vets, Rumah Pemotongan Hewan, Staf laboratorium, Pemeriksa daging, Staf yang menangani karantina, Inseminator dan Vaksinator.

iSIKHNAS ini sendiri merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Indonesia dalam hal ini pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Pemerintah Australia pada Departemen Pertanian Australia dalam program AIP-EID. iSIKHNAS merupakan sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mengunakan teknologi sehari-hari secara sederhana namun cerdas.

iSIKHNAS merupakan sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang mengunakan teknologi sehari-hari secara sederhana namun cerdas (Uria K. Sely S).