Module 2 : Pelsa : Pelapor Desa

Beranda > Bahan Pelatihan > Module 2 : Pelsa : Pelapor Desa

Ikhtisar

Pelsa (Pelapor Desa) memberikan tautan penting antara masyarakat peternak dan pelayanan kesehatan hewan setempat. Pelsa adalah orang yang berbasis di wilayah setempat, individu yang memiliki motivasi yang dipilih oleh komunitas mereka untuk bekerja dengan peternak, melaporkan setiap masalah, bertindak sebagai penghubung dan membantu petugas kesehatan hewan di lapangan dalam pengobatan dan tindak lanjutnya. Mereka diharapkan tidak melakukan pengobatan tanpa saran dari petugas dinas dan disarankan tidak membuat diagnosis apa pun.

Meskipun sering dapat mengidentifikasi penyakit hewan dan masalah lain dengan baik, para pelapor desa hendaknya didukung oleh pelatihan dalam pengenalan tanda-tanda, klarifikasi terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan permasalahan, dan dalam pelaporannya menggunakan SMS dengan kode sederhana. Pelsa berada pada garis depan pelayanan pengawasan penyakit hewan dan jaringan Pelsa yang kuat adalah aset bagi setiap layanan kesehatan hewan kabupaten/kota. Pengalaman mengajarkan bahwa semakin kuat jaringan pelapor desa lokal yang kita miliki, semakin cepat kita dapat mendeteksi penyakit serius. Mendeteksi permasalahan sedari dini adalah salah satu bagian terpenting dari sistem surveilans kesehatan hewan yang kuat.

Audiens Sasaran

Pelatihan dapat diselenggarakan

  • untuk mengidentifikasi Pelsa baru
  • untuk melatih orang-orang telah memiliki peran yang serupa dan mereka yang telah berpengalaman dalam berperan sebagai informan kunci atau kader misalnya. Mohon dicatat bahwa ‘peran-peran lainnya’ ini terkadang menimbulkan tugas baru (beberapa kader dapat menyelesaikan suatu masalah atau mengirimkan diagnosa diferensial). Peran Pelsa adalah dimaksudkan sebagai seorang ‘pelapor’ terhadap masalah-masalah dan bukan peran quasi paramedik veteriner.
    Pelsa hendaknya berbasis desa, termotivasi dan mudah untuk diakses oleh peternak lokal.

Persyaratan

  • Memiliki pengalaman dengan hewan, hewan ternak dan peternak.
  • Berbasis di desa.
  • Dipilih oleh masyarakat sebagai seorang direkomendasikan sebagai sumber kepada staf kesehatan hewan kabupaten/kota.
  • Bersedia untuk terhubung dengan perannya dan diakses oleh peternak lokal.
  • Mempunyai telepon genggam dan pengetahuan tentang penggunaan SMS (diutamakan)