Apa yang dilakukan iSIKHNAS

Beranda > Tentang Kami > Apa yang dilakukan iSIKHNAS

iSIKHNAS mengumpulkan data langsung dari tempat kejadian—apakah itu dari kandang, rumah potong, atau pun laboratorium. Dengan demikian, setiap data memiliki rekaman kapan, dari mana, dan oleh siapa data dikirimkan. Pengiriman data dapat dilakukan melalui SMS, aplikasi telepon seluler, dan spreadsheet. Output laporan otomatis tersedia di situs web. Pelaporan terotomasi ini mendorong transparansi, efisiensi, dan akurasi yang lebih baik.

iSIKHNAS dapat menautkan berbagai data dalam sistemnya—data kesehatan hewan, kesmavet, atau pun data bibit dan produksi—dengan cara yang bermakna sesuai dengan kebutuhan pengguna. Data sampel laboratorium dapat secara otomatis ditautkan dengan data laporan penyakit di lapangan; data pemotongan dengan data produksi dan populasi; data penyakit dengan data lalu-lintas hewan. Hal ini akan sangat membantu pengambil keputusan pada setiap tingkatan.

iSIKHNAS mengemas dan menampilkan data antara lain dalam bentuk tabel, peta, dan diagram di situs webnya,atau dalam bentuk spreadsheet yang otomatis dikirimkan melalui email. Akses langsung ke pangkalan data melalui perangkat lunak lain seperti QGIS untuk pemetaan menawarkan fleksibilitasbagi pengguna ahli. Puluhan ribu laporan dikirim ke berbagai pengguna iSIKHNAS setiap bulannya. Jika dibutuhkan, laporan baru dapat dikembangkanuntuk dibaca, dilaporkan, dianalisis, dan didistribusikan secara rutin. Data mentah yang menjadi dasar laporan tersebut selalu dapat diakses dan diunduh untuk penggunaan, analisis, atau pelaporan lebih lanjut.

Prinsip Kerja iSIKHNAS

Sederhana

  • Menggunakan alat-alat yang sudah ada – ponsel, SMS, spreadsheets, browser internet, e-mail
  • Tidak perlu mempelajari sistem atau perangkat lunak baru.

Cepat

  • Pelaporan data dari lapangan secara elektronik langsung ke pangkalan data
  • Semua pemangku kepentingan yang berwenang dapat mengakses data secara cepat.

Terpadu

  • Sebuah sistem dapat digunakan untuk semua data yang relevan dan dapat diakses melalui satu situs web

Berkelanjutan

  • Perangkat lunak tidak berbayar
  • Dikembangkan untuk dikelola dan diadaptasi oleh petugas di Indonesia
  • Akses terbuka dan paket pelatihan yang mudah digunakan

Pengguna baru dapat mempelajari cara menggunakan sistem dengan mudah, dan setiap pengguna didukung dengan pelatihan tambahan guna memperkuat keterampilan dalam mengumpulkan, mengelola, dan menggunakan data.